Candi Ijo dan Candi Barong – Wisata Masa lalu Jogja
4 Dec

Candi Ijo dan Candi Barong – Wisata Masa lalu Jogja

Wisata di Jogja memang beraneka ragam sangat unik dan menawan. Contohnya adalah wisata Candi Ijo dan Candi Barong. Candi Ijo berada tepat di sebelah selatan komplek candi yang cukup terkenal yaitu Ratu Boko. Sedangkan Candi Barong juga tidak jauh posisinya dari Ratu Boko yang semuanya termasuk ke dalam kawasan Prambanan Jogja. Nama Candi Ijo sendiri diambil dari nama bukit yang orang sekitar sebut Ijo, bermakna Hijau dalam bahasa Indonesia.

Candi Ijo candi barong 1

Jika anda merupakan wisatawan, biasanya rental mobil di Jogja atau sewa mobil di Jogja juga menawarkan tempat ini sebagai opsi tujuan wisata anda. Candi ijo mempunyai pemandangan yang luar biasanya. Timur laut dari Candi Ijo merupakan pemandangan kota Klaten sedangkan bagian selatan Candi Ijo merupakan tebing dan lembah hijau yang ada di daerah Piyungan. Saat anda berada pada kedua candi ini, tentu saja panorama indah bisa anda saksikan karena letakknya yang memang di tempat yang tinggi. Tidak saja anda bisa melihat indahnya hamparan sawah, tapi juga menjulangnya gunung Merapi yang terkenal itu. Sayang beberapa bangunan candi Ijo dan Candi barong tidak bisa direkonstruksi karena kekurangan data pendukung.

candi barong candi ijo

Candi Barong sendiri terbagi menjadi tiga tingkatan.Tingkat pertama dikelilingi oleh garis batu yang dianggap sebagai daerah semi-profan. Kemudian teras yang kedua memiliki landasan oktogonal. Teras yang ketiga yaitu daerah tertinggi dari kawasan ini yang memiliki dua candi yang dianggap sebagai tempat suci. Pengunjung atau wisatawan harus melewati tangga dan gerbang batu andesit untuk bisa masuk ke teras yang tertinggi ini.

Candi Barong merupakan candi Hindu yang digunakan untuk memuja Dewa Wisnu dan istrinya, Dewi Laksmi atau yang lebih dikenal dengan nama Dewi Sri. Dewi Sri sendiri merupakan Dewi kesuburan bagi pertanian. Daerah yang ada di Candi Barong memang berupa tanah tandus yang tidak subur. Sedangkan Candi Ijo merupakan akulturasi dari budaya Budha dan Hindu.Hal itu bisa dilihat dari ornamen-ornamen yang ada. Pada Candi Ijo terdapat Patung Kala Makara. Kala artinya raksasa dan makara artinya naga. Patung itu terdapat pada pintu masuk yang menunjukkan pengaruh agama Budha.Kemudian pada Candi Ijo sebagai tempat wisata di Jogja terdapat tiga candi yang menunjukkan penghormatan pada Trimurti Dewa Hindu yaitu Brahma, Wisnu dan Siwa

, , ,

Comments (No Responses )

No comments yet.